Menggambar Itu Dosa atau Enggak Sih? (Khusus Muslim)

Ilustrasi Menggambar
Halo mber! Bang manager kangen banget posting di blog yang sudah berdebu ini. Pagi ini sebenarnya harus lanjut ngetik cerita The Introvert Universe dan mempublishnya di KAP (Komunitas Anak Pendiam), tapi aku malah kefikiran pertanyaan salah seorang member muslim tentang 'apakah benar menggambar itu dosa?'. Jadi akhirnya aku posting saja disini..

Oke deh, langsung saja ke topiknya. Apakah menggambar itu dosa? Tidak perlu dalil dan perdebatan yang panjang kok. Menurutku, menggambar itu tidak akan menjadi dosa jika kita bisa menghindarkan diri dari ketiga perkara berikut ini..

1. Tidak Disembah

Apakah kamu menggambar untuk menyembah dan memuja karya kamu itu? Misalnya kamu menggambar musisi idola dan tanpa sadar, gambar itu selalu kamu puja.
Namun yang aku maksudkan dipuja disini bukan hanya gambarnya, tapi musisinya juga. Apakah secara tanpa sadar kamu juga memuja musisi itu? Jika tidak, lanjut..

2. Tidak Bermaksud Menandingi Ciptaan Tuhan

Perkara yang kedua ini sederhana sekali. Coba diingat-ingat lagi, apakah kamu pernah menggambar karakter fiksi dan merasa senang seakan-akan kamu menciptakan makhlukmu sendiri? Jika tidak, mari kita lanjutkan ke perkara yang terakhir.

3. Tidak Mengandung Hal Buruk dan Menjerumuskan

Hal buruk yang aku maksudkan adalah hal yang bisa menyesatkan orang lain yang melihatnya. Misalnya karyamu mengandung simbol-simbol pemujaan setan (satanic, paganism dsb) atau maksiat (porno, mesum dsb). Apakah karyamu mengandung hal-hal buruk tersebut? Jika tidak, maka kamu lulus tes ini..


Selama aku berkecimpung di dunia Share Artwork™, penyembahan dan penandingan ciptaan Tuhan jarang sekali terlihat. Hal yang paling sering aku lihat adalah banyak artworker yang menggunakan bakatnya untuk menggambar hal-hal berbau maksiat. Hal yang membuatku merasa miris, orang yang menggambar maksiat anak dibawah umur. Lebih mirisnya lagi, dia adalah seorang perempuan! Astagfirullah..

Bagi member yang sedang membaca, bang manager cuma mau mengingatkan bahwa bakat menggambarmu itu adalah anugerah dari Tuhan. Berterimakasihlah kalian dengan tidak melanggar ketiga perkara tersebut. Jangan gunakan bakat untuk menghinakan agamamu dengan karya maksiat dan menyesatkan. Lebih baik, gunakanlah bakatmu untuk menyebarkan pesan kebaikan. Karena kamu akan mempertanggung jawabkan karyamu disetiap kali karyamu dilihat.

Jika membawa pesan kebaikan—seperti dakwah misalnya—maka kamu akan mendapat berkah dari setiap mata yang melihatnya. Namun, jika mengandung kemaksiatan atau kesesatan maka kamu juga akan menanggung dosa disetiap mata yang melihatnya. Maka dari itu, manfaatkanlah bakatmu untuk kebaikan, Insha Allah kebaikan pula yang akan kamu terima nantinya.

Oh iya, ada tambahan dari Karya Deva:
"..gambar itu nggak pa2 .... asalkan jangan memajang gambar tersebut di dindng rumah ......"
Aku jadi teringat hadist yang mengatakan bahwa bagi orang yang memelihara anjing dan memajang gambar di dinding rumahnya, maka malaikat tidak akan mau memasuki rumahnya. That's all..

Semoga bermanfaat ya, mber.. :)



- @BryanRynism~

8 komentar:

  1. kalau menurut aku ....... gambar itu nggak pa2 .... asalkan jangan memajang gambar tersebut di dindng rumah ......

    BalasHapus
  2. @karya deva: Nah, benar juga. Aku lupa tuliskan yang satu itu. Nanti aku edit.. Terimakasih koreksinya.. :)

    BalasHapus
  3. wah kebetulan nih, dari dulu pingin Google cari tau tapi lupa terus :)

    BalasHapus
  4. " memelihara anjing dan memajang gambar di dinding rumahnya, maka malaikat tidak akan mau memasuki rumahnya".
    memeliahara anjing untuk keamanan kan gak masalah selama tidak di dalam rumah, selain itu bulu anjing tidak najis kan? air liurnya aja yang najis kan?
    kalau malaikat gak mau masuk kerumah yang ada pajangan gambar pada dinding Alasannya kenapa pak ?
    di jawab please

    BalasHapus
  5. @dia aku:

    مَنَعَنِي الْكَلْبُ الَّذِي كَانَ فِي بَيْتِكَ إِنَّا لاَ نَدْخُل بَيْتًا فِيهِ كَلْبٌ وَلاَ صُورَةٌ
    Jibril berkata,'Aku terhalang oleh anjing dalam rumah Anda. Aku tidak masuk ke dalam rumah yang disitu ada anjing dan gambar-gambar.(HR. Muslim)

    Namun jangan sampai terjadi salah pengertian bila dikatakan bahwa semua malaikat tidak mau masuk ke rumah yang ada anjing. Yang dimaksud dengan malaikat disini adalah malaikat Jibril dan bukan sembarang malaikat.

    Bukankah Izrail juga termasuk malaikat? Apakah Izrail juga ikut tidak bisa masuk ke dalam rumah yang ada anjingnya?

    Jawabnya tentu saja tidak. Malaikat Izrail meski termasuk malaikat, namun dia bisa masuk kemana saja dimana ada orang-orang yang harus dicabut nyawanya.

    BalasHapus
  6. wahh terimakasih pak atas jawabannya, {y}

    BalasHapus
  7. Saya juga pernah dengar, yang gak boleh gmbar itu ya gambar yang persis manusia.

    BalasHapus

Jangan lupa komentar ya?

Adbox