Apa Itu Teknik Menggambar Pointillisme? (Berserta Contohnya)

Assalamualaikum. Sobat, pointilisme adalah sebuah teknik melukis dengan titik-titik kecil sehingga dapat membentuk sebuah gambar. Pointillisme sebenarnya berbeda dengan stipling, tapi orang-orang sudah terlanjur salah kaprah selama berpuluh-puluh tahun, jadi sudah terlampau sulit untuk meluruskannya.

Bagaimana cara mengetahui perbedaan antara pointillisme dengan stipling? Sederhananya begini, jika kamu menggambar titik-titik itu dengan satu warna, berarti itu kamu menggunakan teknik stipling. Sedangkan, teknik pointillisme itu melibatkan banyak warna berbeda sehingga menghasilkan sebuah warna baru.

Teknik ini mulai populer pada awal tahun 1880-an, salah satu pelopornya adalah seorang pelukis Prancis yang bernama George Seurat. Selain Master Seurat, ada beberapa pelukis lainnya yang menjadi pelopor aliran pointillisme, yaitu Paul Signac, Vincent van Gogh, Henri-Edmond Cross, John Roy, dan Henri Delavallee.
Georges Pierre Seurat oleh id.wikipedia.org 

Seperti apa sih karya yang dibuat dengan aliran pontillisme? Lukisan pointillisme itu memanipulasi ketidaksensitifan mata dalam meneliti detail kumpulan titik hingga mampu memberikan kesan keberadaan bentuk atau warna baru. Seperti ini contohnya. Klik gambar untuk memperbesar..
Gray Weather karya Georges Seurat.
Port Saint Tropez karya Paul Signac.
Morning karya Maximillien Luce.
Bagaimana, bagus-bagus kan? Itu tadi adalah karya para master jaman dulu yang eksis pada tahun 1800-an. Nah, berikut ini adalah karya dari para pemuda masa kini yang Bang Manager kumpulkan dari berbagai sumber. Klik gambar untuk memperbesar..
Legend of Zelda karya Svezzz812.
Metal Gear Solid 3 karya JaKhris.
Sonic CD karya fujikoeurekachamploo.
Dan yang terakhir ini adalah karya dari salah satu Admin Komunitas ini yang paling cantik, Kak Rida. Dia sedang senang-senangnya menggambar pointillisme. Ini dia karyanya..

Bunga karya Admin Rida.

Semoga karya-karya (yang cukup menguras kuota Bang Manager untuk mencari dan mengunggahnya) ini dapat menginspirasi kalian untuk semakin semangat berkarya ya. Semangart! :D









Referensi:

Bantu share ya:

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

    Previous
    Next Post »

    Jangan lupa berkomentar ya?