Tutorial Komik: Tips Membuat Adegan Action oleh Agustian Noor

Assalamualaikum. Sobat, apakah kamu kesulitan membuat adegan action dalam komik agar terkesan mengalir layaknya sebuah film? Bang manager akan membagikan tutorial yang dibuat oleh salah seorang komikus indie asal Kalimantan Tengah, yaitu Mas Agustian Noor.
Sampul Toro Origins. © Agustian Noor.
Beberapa tahun silam, Mas Agus telah menelurkan sebuah komik berjudul Toro Origins. Sejak awal peluncurannya, komiknya selalu menuai pujian atas artnya yang keren dan adegan action yang mengalir serta tidak monoton. Mas Agus pun membagikan rahasia pembuatan adegan yang biasa ia gunakan untuk komiknya. Yuk, simak..

Rumus Before Impact, Impact, dan After Impact

Action: "The fact or process of doing something, typically to achieve an aim.." atau, "A thing done; an act.."
Menurut Mas Agus, adegan action itu terbagi menjadi 3 tahap yang kemudian bila digabungkan akan menjadi sebuah proses mutlak adegan aksi, yaitu before impact, impact dan after impact. Pada ilustrasi berikut ini kamu bisa melihat prosesnya. Klik gambar untuk memperbesar.
Gambar oleh Agustian Noor.
Kunci menggambar adegan action yang bagus adalah kamu mesti menguasai proporsi dan gesture terlebih dahulu. Gampangnya, cobalah kamu menggambar dari sisi yang paling mudah. Nantinya kita bebas menentukan mana-mana saja yang akan menjadi tahapan-tahapan tersebut.
Gambar oleh Agustian Noor.
Kalau kamu sudah mendapatkan gambar dari sisi termudah, cobalah kamu bereksperimen menggambar dari sudut lainnya yang menunjukan betapa indahnya gerakan tersebut. Ibarat sebuah film action, selalu ada bagian yang menunjukkan bagian indah dengan jelas.
Gambar oleh Agustian Noor.
Bedanya dengan film, didalam komik action, tidak semua-muanya harus digambar full body karena menurut Mas Agus ini bukanlah sebuah buku panduan silat. Hahaha..
Gambar oleh Agustian Noor.
Rumus sederhana ini juga bisa menjadi combo, tentunya dengan kreatifitas masing-masing, dan akhirnya adegan aksi tersebut mengalun seperti nada. Yeah, mengalir dengan sendirinya. Seperti kedua halaman komik Mas Agus berikut ini..
Gambar oleh Agustian Noor.
Oh iya, tak harus selalu dengan tiga tahap. Terkadang dua tahap saja sudah terlihat begitu indah bukan?
Gambar oleh Agustian Noor.
Selanjutnya tinggal dipoles saja dengan bumbu yang enak..
Gambar oleh Agustian Noor.
 Pesan dari Mas Agustian Noor: Selamat berkreatifitas. Semoga tutorial ini berkah.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar ya?

Adbox