Tutorial Coloring: 5 Teknik Dasar Arsiran Pensil Warna

Assalamualaikum. Sobat DHC sering kesulitan ketika menggunakan pensil warna? Bang Manager kali ini ingin membagikan pengertian teknik dasar pensil warna yang dijabarkan oleh Thaneeya pada blog seninya.
Gambar: www.art-is-fun.com
Teknik-teknik dari Thaneeya ini adalah teknik yang berfungsi sebagai pembentuk dasar untuk semua jenis colored-pencil-art yang kamu inginkan. Seperti yang bisa kamu lihat diatas, teknik pensil warna ini mencakup 5 cara utama, yaitu stippling, hatching, cross-hatching, back and forth stroke, dan scumbling. Berikut ini penjelasannya..
Gambar: www.art-is-fun.com
Stippling - Stipling dan Pointillisme itu sebenarnya berbeda, tapi orang-orang sudah terlanjur salah kaprah selama berpuluh-puluh tahun, jadi sudah terlampau sulit untuk meluruskannya. Baca perbedaannya dalam artikel Apa Itu Teknik Menggambar Pointillisme? Tapi apapun itu, stippling dan pointillisme adalah cara yang bagus untuk menambahkan beberapa tekstur yang menarik untuk gambarmu.

Hatching - Hatching dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai arsiran. Jadi hatching adalah arsiran. Kamu hanya perlu membuat garis-garis paralel untuk membentuk sebuah warna atau bayangan. Garis-garis dalam arsiran seperti ini haruslah searah.

Cross-hatching - Cross-hatching adalah kerabat dekat dari hatching. Apa perbedaanya? Jika dengan teknik hatching kamu hanya perlu membuat garis-garis paralel searah, dalam cross-hatching kamu harus menimpa garis itu dengan garis paralel lainnya agar saling berpotongan (crossing). Kamu bisa membuat beberapa tekstur yang menarik melalui cross-hatching.

Back & forth stroke - Teknik ini mungkin adalah yang paling umum dari semua teknik pensil warna. Kalau kamu sulit membayangkannya, kamu tiggal lihat saja bagaimana seorang anak TK mewarnai gambar dengan pensil warnanya. Tanganmu hanya bergerak bolak-balik ketika mewarnai. Cara ini adalah cara yang paling baik untuk memberikan warna yang solid.

Scumbling - Sama seperti back & forth stroke, scumbling adalah teknik lain yang mungkin digunakan oleh anak-anak TK. Kamu hanya perlu menggerakkan pensilmu melingkar tanpa mengangkatnya. Cara ini juga adalah cara yang paling baik untuk memberikan warna yang solid.


Setelah kamu menguasai teknik pensil warna tersebut, kamu bisa menggunakan teknik-teknik pensil warna itu sebagai layer warna untuk membuat pencahayaan gambarmu agar lebih dalam dan lebih kaya warna. Semoga bermanfaat!









Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar ya?

Adbox