Indahnya Karya-Karya Anamorfisme

Assalamualaikum. Sobat, kamu pasti pernah melihat karya-karya anamorfis meskipun kamu sendiri tak tahu apa namanya. Anamorfis (anamorfosis) atau lebih dikenal dengan anamorphic adalah sebuah gambar yang hanya dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang tertentu.

Di Indonesia sendiri aliran anamorfis ini jauh lebih dikenal sebagai karya tiga dimensi saja, misalnya karya-karya tiga dimensi yang dibuat oleh No Idea, salah satu seniman Indonesia yang mendalami anamorfis dan selalu menelurkan karya yang brilian.
Ghost Rider karya No Idea.
Nemo karya No Idea.
Klik disini untuk melihat karya No Idea yang lainnya.

Karya anaformis yang dibuat oleh No Idea adalah contoh anamorfis dari sudut pandang kamera. Yeah, karya tiga dimensi seperti ini umumnya agak sulit dilihat dengan mata telanjang. Hanya berhasil terlihat tiga dimensi ketika melihatnya dari sudut pandang kamera.

Selain dari sudut pandang kamera, ada lagi yang lainnya, yaitu dari sudut pandang cermin. Seperti karya-karya buatan  Eyang Awtar Singh Virdi berikut ini contohnya..
Karya Awtar Singh Virdi.
Karya Awtar Singh Virdi.
Klik disini untuk melihat karya beliau yang lainnya.

Karya diatas hanya dapat dinikmati keindahannya hanya dengan cerminan. Tanpa cermin, gambar diatas hanya dianggap sebagai coretan yang tidak memiliki arti. Ngomong-ngomong aku heran, entah kenapa anamorfis dari sudut pandang cermin agak sepi pembuatnya di Indonesia, padahal aku sangat yakin bahwa orang Indonesia sanggup kok membuat yang lebih bagus lagi dari karya-karya diatas ini.

Bagaimana, sudah cukup menjelaskan? Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi sobat sekalian. Terimakasih.

Bantu share ya:

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

    Previous
    Next Post »

    Jangan lupa berkomentar ya?