Apa Itu Layer dan Apa Gunanya?

Assalamualaikum. Sobat, banyak sekali orang yang ingin belajar menggambar secara digital (digital art), dan kebanyakan orang yang baru belajar masih kebingungan mengenai apa itu layer dan cenderung mengabaikannya. Padahal layer itu adalah dasar digital art yang sangat penting loh. Nah, karena itu, pagi ini Bang Manager ingin menjelaskan tentang apa sih layer itu.

Layer adalah sebuah element yang ada pada aplikasi Adobe Photoshop atau Paint Tool SAI yang digunakan untuk menggabungkan beberapa gambar menjadi satu gambar. Kalau kamu sulit membayangkannya, bayangkan saja layer adalah stiker, dan simak lah ilustrasi berikut ini..
Ilustrasi oleh Bryan Suryanto.
Bayangkan background (latar belakang) sebagai kanvas, lalu layer satu dan dua adalah stiker. Sekarang tempelkan stiker itu diatas kanvas. Maka hasilnya akan seperti ini..
Ilustrasi oleh Bryan Suryanto.
Lalu apa bedanya menggambar biasa dan menggambar dengan layer? Tentu saja menggambar dengan layer akan lebih mudah, kamu dapat mengedit sebuah objek tanpa mengganggu objek yang lain. Misalnya begini, jika kamu sedang mengedit gambar A maka gambar B tidak akan terpengaruh. Sedangkan kalau kamu menggambar tanpa layer, kamu edit suatu objek, objek lain pun ikut terkena edit.

Keren kan?

Di dalam pembuatan komik digital pun juga menggunakan layer. Umumnya layer yang digunakan tak banyak, hanya layer latar belakang, layer objek dan terakhir adalah layer untuk balon kata beserta teksnya. Dengan begitu, kita akan lebih mudah menyesuaikan tata letak dan lebih mudah memperbaiki komik kita jika suatu saat perlu perbaikan.

Oh iya, sekedar info saja. Layer hanya berlaku untuk format gambar tertentu, misalnya .PSD atau .SAI, dan lain-lain. Jika seandainya kamu menyimpan gambarmu dengan format .JPG, .PNG, atau .GIF ya wassalam, layer gambar kamu tidak akan bisa diedit lagi. Jadi, kamu harus teliti dan hati-hati ketika menyimpan gambar ya? 

Semoga bermanfaat!








Referensi:

Bantu share ya:

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

    Previous
    Next Post »

    Jangan lupa berkomentar ya?