Inilah Pensil Warna Terbaik Menurut Iwan Santoso Wan Nha

Assalamualaikum. Sobat, ketika ada yang bertanya mengenai pensil warna terbaik, bang manager tidak bisa menjawabnya karena aku bukan ahlinya, takutnya nanti malah salah menjawab. Nah, karena itu demi menjawab pertanyaan teman-teman, aku bertanya langsung kepada orang yang tepat.
Narasumber.
Tepatnya pagi kemarin sebelum ibadah Jum'at, aku bertanya kepada orang yang menginspirasi ku dalam belajar coloring dengan pensil warna, yaitu Bang Iwan Santoso Wan Nha. Beliau adalah seniman asal Kota Bandung yang membidangi traditional art, sebagian besar karyanya dibuat dengan pensil warna.

Pensil warna apa yang terbaik menurut Bang Iwan? Ketika aku tanyakan, dengan ramahnya ia menceritakan pensil warna yang pernah ia gunakan. Menurutnya, Pensil Faber Castell sudah menemaninya sejak kecil. Bahkan ia juga mempercayai mitos bahwa kalau mengerjakan soal UN bukan dengan Faber Castell, maka jawabannya tidak akan terbaca oleh komputer. Hehe..

Kembali ke topik pensil warna terbaik. Bang Iwan hobi menggambar kartun hingga realis sejak kecil, karena itu sejak kecil ia sudah mengenal pensil warna Faber Castell jenis classic dan watercolor. Mungkin nanti bang manager jelaskan perbedaannya di post lainnya kalau sempat ya (maklum sibuk nulis hal lain).
"Rusa" karya Iwan Santoso Wan Nha.
Hasil penggabungan Faber Castell Classic dan Watercolor.
Dalam berkarya, kedua pensil itu selalu ia gabungkan. Menurutnya, pensil warna FC jenis classic itu pigment-nya sangat halus dan warnanya juga lembut, Bang Iwan biasa menggunakan pensil warna FC jenis classic untuk mewarnai mewarnai bagian kulit manusia, bulu-bulu hewan, rambut, dan kain. Sedangkan pensil warna FC jenis watercolor itu pigment-nya kasar, mudah menghasilkan debu (inilah yang sering disindir oleh Greebel), tapi warnanya sangat terang, cerah, dan jelas. Bang Iwan biasa menggunakan pensil warna FC jenis watercolor untuk mewarnai latar seperti pepohonan, batu, kayu. air, tanah, gunung dan lain-lain.

Sekarang pensil warna Faber Castell sudah memiliki banyak varian pensil warna selain dua jenis yang telah dijabarkan oleh Bang Iwan, namanya Faber Castell Art and Graphics. Varian terebut terbagi ke dalam beberapa jenis seperti FC Albrecht Durer watercolor, FC oil pastel, FC aquarell, dan lain-lain.
Teman-teman yang sudah pernah mencoba pasti bisa merasakan dahsyatnya pensil FC terbaru itu. Mengapa? Karena pigment-nya lebih kuat, lebih awet, saat digoreskan juga terasa ringan dan warnanya jauh lebih bagus dan terang. Namun harganya lebih tinggi dari FC biasa, harga memang tidak pernah berbohong.

Bang Iwan sendiri memiliki beberapa koleksi pensil warna FC Albrecht Durer watercolor. Ia juga sudah pernah membandingkan FC Albrecht Durer watercolor dengan FC watercolor, ternyata perbedaannya begitu jauh. Warna dari FC Albrecht Durer lebih jelas, lebih menempel dengan kuat, dan bisa menutupi permukaan jenis kertas yang bertekstur seperti kanvas.

Selain pensil-pensil warna Faber Castell, Bang Iwan juga mempunyai koleksi pensil warna Derwent. Kedua merk pensil warna itu menjadi sahabatnya hingga saat ini. Ia juga sering menggabungkan keduanya ketika berkarya, dan hasilnya keren sekali. Menurut Bang Iwan, pensil Derwent itu warna-warnanya begitu matang dan unik. Nama-namanya juga sangat unik, seperti burn orche, dark indigo, sanguine, metalic color, dan lain-lain.
"Othok-othok" karya Iwan Santoso Wan Nha.
Hasil penggabungan Faber Castell Albrecht Durer dan Derwent.
Jenis-jenis pensil warna Derwent tak kalah banyak dengan Faber Castell. Bang Iwan mengaku sangat senang sekali menggambar hewan dengan Derwent. Bagi teman-teman yang juga suka menggambar hewan pilihlah pensil Derwent jenis drawing. Mengapa? Karena warna-warnanya sangat matang menyerupai warna-warna dari bulu-bulu hewan,seperti serigala, singa, harimau, burung dan lain-lain. Goresan pensil warna Derwent juga begitu ringan dan merata, pigment-nya kuat, namun agak sedikit kasar jika kamu tidak meruncingkan pensil. Goresannya akan halus dan lembut jika kamu meruncingkan pensilnya terlebih dahulu.

That's it! Itulah penjelasan dari Bang Iwan mengenai pensil warna terbaik. Semoga membantu sobat yang sedang kebingungan memilih pensil warna. Sebelum mengakhiri post kali ini, bang manager ingin mengingatkan bahwa apapun jenis pensilnya, yang terpenting adalah skill (kemampuan) pemakainya. Alat hanya sekedar mempermudah pemakainya agar dapat berkarya lebih baik lagi. Latihan yang rajin ya?

Terimakasih.

Wassalamualaikum.








Narasumber: Iwan Santoso Wan Nha

Bantu share ya:

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

    Previous
    Next Post »

    Jangan lupa berkomentar ya?