Mengenal Lebih Dekat Tentang Warna : Kombinasi Warna (Bagian 2)


Halo sobat DHC, postingan ini lanjutan dari artikel "Mengenal Lebih Dekat Tentang Warna (Bagian 1)". Buat sobat yang masih bingung bagaimana membuat kombinasi warna supaya terlihat menarik ? Sobat DHC bisa coba terapkan beberapa kontras warna berikut :

1. Monochromatic (Warna Monokromatik)
Perpaduan beberapa warna yang berasal dari satu warna namun nilai dan intensitasnya berbeda. Intinya kombinasi warna dengan warna senada. Misalnya warna biru tua dipadukan dengan biru yang lebih terang
Tint (Pastel) : warna ke arah putih (terang)
Shade : warna ke arah hitam (gelap)
Tone : warna ke arah abu-abu (netral)

Jika diaplikasikan ke dalam sebuah karya, contohnya seperti warna pada motif batik mega mendung ini : 
murnis.com

google.com

2. Analogous (Warna Analogus)
merupakan kombinasi warna-warna yang bersebelahan atau berada di dekatnya. Misal : warna biru berdekatan dengan biru-hijau dan biru-ungu (indigo). 
3. Complementary (Warna Komplementer)
adalah dua warna yang saling berseberangan (mempunyai sudut 180°) dalam lingkaran warna. Misal : Warna ungu dengan warna kuning.
4. Split Complementary (Warna Split Komplementer)
dua warna yang saling agak berseberangan dan mempunyai sudut mendekati 180° dalam lingkaran warna. Misalnya kuning-hijau (lime green) dengan merah (red) dan ungu (violet). Dari warna komplementer tadi ditarik satu langkah ke kanan dan satu langkah ke kiri. Jika diamati terlihat seperti bentuk segitiga sama kaki.

Ada beberapa contoh lain seperti gambar di bawah :
pinterest.com
5. Triadic (Warna Triadik/ Triad Komplementer )
tiga warna yang masing-masing memiliki sudut 60° dalam lingkaran warna. Bentuknya terlihat seperti segitiga sama sisi. Dari split komplementer tadi ditarik satu langkah ke arah kanan dan kiri. Selisih antara satu warna ke warna lain adalah tiga warna. Misal : kuning-hijau (lime green) dengan vermilion dan indigo.
6. Tetrad Complementary (Tetrad Komplementer)
disebut juga double komplementer, merupakan empat warna yang membentuk bangun segi empat (sudut 90°).  Selisih dua warna antara warna satu dengan warna lainnya. Misal : kuning-hijau (lime green), jingga (orange), biru (blue) dan merah-ungu (red violet).

Selain mengetahui berbagai kontras warna di atas, sobat DHC juga bisa melatih kepekaan terhadap warna dengan melihat alam sekitar. Hakekatnya warna-warna pada alam tampak harmonis dan memanjakan visual.
tanyoe.com
santabanta.com
trendwisata.com

Sekian dulu sobat DHC, jika ada salah admin mohon maaf ya
Semoga artikel ini bisa bermanfaat :)

Trimakasih sudah berkunjung blog ke DHC ^_^

Sumber : academia.edu (Buku_Ajar_Pengetahuan_Warna) & (Warna_dalam_Seni_Rupa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar ya?

Adbox