Ebook Gratis: Cara Membuat Komik ala Marvel

Assalamualaikum. Selain manga Jepang, Amerika punya komik dengan gaya mereka sendiri. Kita pasti tahu Superman, Batman, Spider-Man, IronMan, Captain America, Hawkeye dan superhero The Avengers dari film Hollywood kan? Semua film itu adalah hasil adaptasi dari komik buatan Marvel dan DC, begitu juga film Civil War yang digadang-gadang akan menjadi film yang jauh lebih hebat dari The Avengers.

Sekedar informasi, kalian pernah dengar bahwa ada komikus Marvel dan DC yang berasal dari Indonesia? Yeah, kalau belum tahu, beliau bernama Ardian Syaf, beliau ini berasal dari Tulungagung (kampung halaman bang manager, hehe). Apa hubungannya dengan ebook ini? Ya, tidak ada selain soal Marvel-nya sih.

Bagi kamu yang terinspirasi dan ingin belajar lebih dalam tentang pembuatan komik ala Marvel, aku ada sebuah buku jadul keluaran 1978 yang akan sangat membantu kamu. Tapi hey, jangan dulu meremehkan kejadulannya, karena buku ini disusun oleh dua legenda komik Amerika, yaitu Stan Lee dan John Buscema. Judul bukunya adalah...

How to Draw Comics the Marvel Way


Buku ini akan mengajarkanmu banyak hal: Mulai dari bagaimana cara menyusun cerita, cara membuat panel dan sudut pandang yang baik, cara membuat karakter, hingga bagaimana menentukan pose terbaik untuk karaktermu. Buku ini juga menyematkan banyak contoh sketsa beserta contoh name komik yang akan membuatmu berfikir bahwa membuat komik itu sebenarnya tidaklah sulit.

Selain itu, buku ini juga mengajarkan tekhnik menggambar dasar yang akan menjelaskan bagaimana cara menggambar sebuah objek agar terlihat hidup, bahkan ada cara penintaan yang baik, dan juga beberapa tips singkat mengenai cara menggambar perspektif untuk membuat gedung-gedung tinggi dengan sudut pandang terbaik (kan superhero biasanya nangkring diatas gedung tinggi).

Selain cocok untuk kamu yang suka superhero dan ingin mengikuti jejak Ardian Syaf, aku rasa buku ini pun juga cocok untuk mengatasi masalah alat yang ribet dan jarang dijual di Indonesia (biasanya dialami oleh penganut aliran manga yang menelan bulat-bulat buku panduan menggambar manga). Alat yang dibutuhkan untuk mempraktikan buku ini hanya pensil, drawing pen, kuas, serta tinta bak. Sederhana bukan?

Langsung saja dibaca, formatnya PDF dan bahasanya Inggris..

Unduh/download buku ini sekarang! (35 MB)


Terimakasih sudah berkunjung, semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Yuk mari berkarya!

Bantu share ya:

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

    Previous
    Next Post »

    Jangan lupa berkomentar ya?