Ingin Menjadikan Hobi Menggambar Sebagai Profesi? Baca Tips Ini...

Assalamualaikum. Readers, menyenangkan bukan bila hobi menggambar kamu bisa menghasilkan uang? Dalam arti, hobi menggambar kamu dijadikan sebagai profesi demi membiayai hidup kamu, keluarga, sodara, atau sapapun itu; dan demi pekerjaan yang tidak perlu pulang pergi ke kantor. Ada beberapa tips dari status FB Gilang Fitra R yang akan membantu kamu untuk survive dalam profesi ini..
"Kotori Itsuka - Spirit Mode" karya Gilang Fitra R.

1. Jangan hanya mengandalkan event Jejepangan yang biasanya hanya diselengarakan setahun sekali.

2. Tidak perlu membuang tenaga dan fikiran hanya untuk mengosipkan artist lainnya. Sebab, rezeki kamu bisa tertahan hanya karena menggunjing orang lain.

3. Ingin memulai open comission (menjual jasa menggambar)? Maka mulailah segera, dan jangan menunggu karyamu sebagus artist favoritmu. Kamu harus tanamkan mindset, "Aku akan berjuang hingga idolaku menjadi lawanku!"

4. Jangan pernah berfikir negatif, "Gimana ya kalau nanti nggak laku-laku?" Kamu harus pede! Soalnya, mood yang buruk itu selalu berasal dari fikiran yang buruk. Bisakah kamu berkarya dalam mood yang buruk?

5. Jangan terlalu sering mengeluh soal kemampuan menggambar kalian di media sosial. Cukup mengeluh dalam hati saja, dan tidak perlu lebay mempostingnya sebagai update. Yeah, setiap orang berlari dengan kecepatan berbeda. Begitu juga dengan kemampuan: setiap orang berkembang dengan kecepatan yang berbeda.

6. Kalau ingin mulai open comission. tentukanlah harga yang pantas untuk skill kamu. Jangan sampai hargamu terlalu rendah, karena kamu bukanlah mesin printer, jasamu patut dihargai.

Memang sih, agak sulit untuk menentukan harga sebuah karya seni. Karena itu, jangan pernah malu meminta pendapat ke beberapa orang yang sudah berpengalaman dalam bisnis ini.

7. Jangan hanya mengandalkan penjualan didalam negeri. Sebab, orang Indonesia belum bisa menghargai karya seni dengan nilai yang pantas. "Gambar begitu doang kok mahal?" protes mereka.

Karena itu, mulailah berjualan diluar negeri lewat beberapa situs seni ternama. Contohnya DeviantArt, Fiver, Patreon, dan lain sebagainya. Namun, untuk proses transaksi, kamu harus memiliki Paypal. Apa sih Paypal itu? Silahkan Googling.

8. Perbanyak karya yang diunggah ke situs-situs seni (yang telah disebut pada poin sebelumnya), serta ke akun media sosial kamu juga. Karya yang kamu unggah itu bisa diibaratkan sebagai portofolio kamu.

9. Pandai-pandailah mengatur waktu. Usahakan waktu menggambar kamu lebih banyak. Pisau harus terus diasah agar tetap tajam, bukan? Kecuali apabila kamu memang ada halangan.

10. Jangan malas menggambar! Biasanya hal ini terjadi karena kamu punya hobi yang lebih menyenangkan dari menggambar, misalnya bermain game. Yeah, kamu lupa dengan menggambar karena terlalu asik mengejar Pokemon sampai ke kutub utara.

Kalau ingin menjadi hobi menggambar sebagai profesi. Maka, tidak ada lagi istilah main-main. Karena dalam profesi ini, menggambar sudah harus menjadi sebuah kebiasaan atau habit.

11. Jangan lupa berdoa dan ibadah, agar rezekinya selalu dilancarkan. Amin!


Terimakasih. Wassalamualaikum!



Sumber: Status Facebook Gilang Fitra R (dengan sedikit perubahan oleh penulis)

Bantu share ya:

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

    Previous
    Next Post »

    Jangan lupa berkomentar ya?