2 Apps untuk Referensi Menggambar Berbagai Pose


Assalamualaikum. Sobat, sebagai artist mungkin kalian kesulitan untuk menggambar pose-pose tertentu. Karena itu kamu membutuhkan sebuah patung manekin, ya kan? Berhubung mencari patung manekin manga itu sulit. Aku akan mereview dua aplikasi yang akan menggantikan fungsi manekin tersebut, yaitu Handy Art Reference Tool serta Pose Tool 3D.

Handy Art Reference Tool

Aplikasi yang pertama ini walaupun namanya Handy, bukan berarti cuma tangan saja. Apps ini berguna banget untuk kamu yang kesulitan menggambar tangan dan kaki. Kita bisa menemukan berbagai pose, dan mengatur pencahayaannya. Tak hanya tangan/kaki laki-laki, kita juga bisa mendapatkan referensi tangan/kaki perempuan.

Setelah kita mendapatkan pose yang tepat, kita bisa menyimpannya di galeri atau bisa juga sharing untuk berbagi referensi dengan rekan seniman yang lainnya.

  

Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS. Kalau kamu ingin memiliki aplikasi ini. Yeah, setidaknya harus menyiapkan uang sebesar Rp.41.000 untuk versi Android, dan entah berapa harga untuk versi iOSnya.


Pose Tool 3D

Kalau aplikasi sebelumnya hanya bisa memberikan referensi untuk tangan dan kaki saja, aplikasi Pose Pose Tool 3D ini bisa menujukan pose tubuh lengkap ala patung manekin asli. Ada banyak fitur termasuk fitur yang bahkan kita jarang membutuhkannya.

App ini menyediakan manekin tubuh lelaki atau perempuan, tua atau muda, kurus atau berotot (bahkan kita bisa melihat jaringan ototnya kalau perlu). Kita juga bisa mendapatkan referensi super detail dari ujung kaki ke ujung kepala.

  

Selain pose manusia biasa, Pose Tool 3D juga ada versi Manga dan Hewan, dan gilanya apps itu dijual terpisah dengan harga yang tinggi. Apps ini tersedia untuk Android dan iOS. Untuk versi Android kamu harus merogoh kocek Rp.95.000 per aplikasi. Sedangkan untuk iOS, aku nggak tahu.


That's it! Semoga kedua apps ini dapat membantu sobat DHC sekalian. Oh iya, pada artikel selanjutnya, penulis ingin mengulas aplikasi menggambar terbaik untuk Android. Tapi sayangnya aku masih minim referensi. Kalau ada sobat yang menguasainya, mohon bantuannya. Terimakasih.

Bantu share ya:

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

    Previous
    Next Post »

    Jangan lupa berkomentar ya?