Medibang Paint Pro, Rival Berat Paint Tool SAI! (+ Link Download Gratis)

Assalamualaikum. Medibang Paint adalah software ilustrasi cross-platform yang diciptakan untuk para ilustrator dan mangaka. Banyak yang berpendapat bahwa software ini adalah rival berat dari Paint Tool SAI. So, apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Sama seperti SAI, Medibang punya fitur sensitifitas tekanan, customisable brushes, banyak fitur untuk mengontrol layer, dan masih banyak lagi. Tapi, yang membuat SAI kalah telak adalah kenyataan bahwa Medibang Paint itu gratis! Padahal segala fitur itu ditaksir harganya minimal $50.
Medibang Device via medibangpaint.com/en
Hebatnya lagi Medibang juga tersedia untuk ponsel dan tablet, sedangkan SAI tidak. Kelebihan lainnya adalah adanya lebih dari 800 screentones (background untuk manga), 50 brushes, hingga 20 manga font gratis untuk diunduh dalam sekali klik. Masih banyak lainnya yang belum disebut.

50 brushes di software ini termasuk G-Pen dan Mapping Pen untuk penintaan. Watercolor brushes untuk pewarnaan. Setiap brushes punya pengaturannya masing-masing yang akan membuatmu menemukan hasil yang tepat. Kalau kurang puas, kamu bisa membuat brushes kamu sendiri.

Untuk para komikus, ada fitur easy comic panel creation yang memudahkan kamu dalam membuat panel komik. Ada comic page management yang memungkinkan kamu menyimpan seluruh halaman komik dalam 1 file, dan mengatur urutan halamannya. Terakhir, fitur snap guide yang akan memudahkan kamu untuk membuat gambar perspektif dan speed line pada komik.

Kemudian, bagi kamu yang layar komputernya kecil. Medibang punya fitur larger workspace. Yeah, dengan menekan tombol Tab saja, segala peralatan bisa disembunyikan dan kamu bisa fokus bekerja pada gambarmu.

Oh iya, satu kelebihan Medibang yang paling menarik bagi penulis adalah fitur cloud. Jadi seandainya kamu capek duduk didepan komputer, kamu tinggal simpan gambarnya di cloud, lalu buka lagi di hp atau tablet dan menggambar sambil tiduran. Begitu juga sebaliknya, kamu bisa membukanya lagi di komputer kapan pun.. Tak cuma file, setting hingga brushes juga bisa tersinkronisasi ke ponsel loh.

Fitur cloud tersebut juga memungkinkan beberapa orang mengerjakan 1 file secara bersamaan. Jadi nanti kamu yang bikin lineart, temanmu yang coloring, kemudian keponakanmu yang membuat dialong dalam balon kata, bapakmu yang koreksi, emakmu yang bikin kopi, dan adikmu yang iseng menghapus filenya.. *Plaak!* Tapi untuk menggunakan fitur cloud, kamu harus membuat akun Medibang dulu sebelumnya.

Tertarik untuk menggunakan Medibang Paint Pro? Kamu bisa mendapatkannya secara gratis pada link berikut..


That's it! Semoga membantu. Jangan lupa share karyamu di grup Komunitas Hobi Menggambar ya!







Referensi:

Bantu share ya:

Bryan Suryanto lahir di Tulungagung, Jawa Timur, pada tanggal 27 Februari 1995 silam. Ia mengaku sebagai introvert berkepribadian INFP yang suka menggambar dan bercita-cita menjadi komikus tapi selalu gagal. Namun, dari naskah komik yang gagal itulah akhirnya ia menyadari bahwa menulis adalah passion terbesarnya..

    Previous
    Next Post »

    Jangan lupa berkomentar ya?